20
Dec
11

l’arc en ciel

 

Saya lupa, udah pernah bikin postingan tentang band ini atau belum, tapi seingat saya sih belum. Ya sekalian update blog lah. Secara blog ini udah hampir 6 bulan tidak disentuh. OK, jadi tentang L’arc-En-Ciel. They are hyde, tetsuya, ken and yukihiro. Ah ya, huruf kecil semua.Saya lupa kapan mulai kenal band ini dan dari siapa, secara kalo diubek-ubek, saya jarang sekali punya teman yang hobi denger musik2 jepang gini apalagi yang J-rock, jaman itu. Kalau sekarang, well bisa jadi saya tau dari temen-temen online saya. Ah sudahlah ga penting juga. Karena lupa, saya jelas lupa juga lagu apa yang bikin saya suka L’arc en ciel ini pertama kali. Pokoknya seingat saya album mereka yang saya beli pertama kali itu Awake . Dan satu lagi yang saya ingat, saya memutuskan untuk menyukai band ini bukan karena saya mendengar versi album dari mereka, tapi justru karena saya menonton konser mereka via vcd waktu itu.

Saya ingat, konser itu adalah Asia Live Tour 2005, and i’m falling in love at first sight and first time i heard Hyde‘s voice. The band called theirself as Japanese Rock Band, jadi lagunya udah yang banyak teriak2 walopun ga segahar band2 rock lainnya, beat yang lumayan cepat, walopun ada juga lagunya yang mendayu2 gitu. Tapi suaranya Hyde, hampir tanpa cela. Sempet heran juga, dari badan sekecil itu, bisa keluar suara sekeren itu. Suara Hyde itu berat, ngepop tapi ngerock juga, ahh susah dikatakan lah. Dengerin aja sendiri..:D

Dari VCD live concert mereka itu, saya mulai ribet nyari segala sesuatu tentang Laruku. Bukan, bukan tentang kehidupan pribadi masing-masing personilnya, tapi lebih ke lagu2 mereka. Dan saya mulai mengkoleksi hampir semua album mereka. Sampai sekarang, saya boleh bilang Awake adalah album Laruku yang paling saya suka. It was a complete album for me. There’s lots of up and down in this album. Ada lagu dengan beat rock abis macam Killing Me, New World, Jiyuu e no Shoutai (自由への招待), Existence, atau As One. Ada lagu yang sedikit lebih slow temponya, mendayu khas Laruku layaknya Jojoushi (叙情詩), My Dear, Hoshizora (星空) and Trust. Ada pula lagu yang, well mereka semacam pengen ngajak kita sedikit bergoyang macam Twinkle Twinkle.

Lalu mari bicara konser-konser mereka. Ga tau kenapa, saya lebih suka mendengar Hyde nyanyi live, ketimbang versi2 albumnya. Entah ya..their concerts were almost flawless. Walaupun saya kudu bilang di Seri Tour 2008 : L’7 Trans Asia via Paris beberapa lagu macam Killing Me, Ready Steady Go dibawakan dengan agak lebih cepat temponya dibanding konser-konser terdahulu mereka. Jangan tanya saya konser Laruku mana yang paling saya suka. Saya akan pilih konser Laruku di Indonesia sebagai konser favorit saya. Lho kok bisa? wong mereka belum pernah konser disini kan? Justru..justru karena mereka belum pernah konser disini. Nanti kalau mereka konser di Indonesia, apapun yang terjadi saya pasti akan nonton. Tapi berhubung itu belum kejadian, well saya harus bilang sekarang ini saya susah menentukan konser mana yang jadi all time favorit saya. Saya dulu suka banget sama Asia Live Tour yang di Tokyo Dome tahun 2005, lalu keluar Konser 15th Anniversary mereka juga di venue yang sama November 2006, yang memecahkan record the fastest selling ticket sepanjang sejarah Tokyo Dome, dimana 109.625 tiket terjual hanya dalam waktu 2 menit, breaking their own record which their created in 1997 when 56.000 tickets sold at only 4 minutes. It was a complete show also for me back then. Dan lalu, baru2 ini saya liat konser mereka yang Trans Asia via Paris di Paris 2008 dan itu jadi favorit saya juga, lalu konser L’7 Tour 2008 di Tokyo DOme adalah konser selanjutnya yang saya lihat, and again it is my favorit now. Saya belum lihat Concert 20th Anniversary mereka. Mungkin pilihan saya bisa berubah lagi sesudah saya melihatnya.

Dan, jangan tanya saya mana lagu L’arc En Ciel yang saya suka. Susaaaah..ada masanya saya tergila-gila sama Ready Steady Go, ada masanya saya head banging into Killing Me, ada masanya saya melonjak-lonjak dengan Driver’s High. Lalu ada masanya saya mencegah galau dengan My Dear, ada masanya saya ,walopun ga mudeng artinya, nyanyik Neo Universe, lalu ada Seventh Heaven, Heaven’s drive, Flower, Feeling Fine, Revelation, Stay Away, Snow Drop, White Feathers, Blurry Eyes, dan sekarang saya lagi suka banget sama Anata. Jadi jangan tanya mana lagu favorit saya.

So there you go..saya ga tau sampai kapan saya bakalan suka sama L’arc En Ciel ini, dan mereka, seperti layaknya U2 dan Coldplay, adalah band yang jika mereka memutuskan untuk konser di indonesia, saya akan lakukan hampir apa saja demi bisa nonton..:D


5 Responses to “l’arc en ciel”


  1. December 20, 2011 at 3:55 pm

    masih suka orang ganteng ya?wah aku gak up to date. kalo dulu, dikau yang no. 1 dalam musik ya.

  2. December 24, 2011 at 11:35 pm

    kenal pertama dengan grup ini dari lagu Fourth Avenue Cafe dan Ready Steady Go

  3. January 9, 2012 at 4:39 pm

    Saya tau Laruku saat majalah2 Jejepangan mulai rame di Indonesia. Awal 2000an keknya. Walopun mbacanya cuma nyari berita soal manga dan anime saja, akhirnya jadi familiar dengan J-music secara umum, termasuk superstar macam Laruku ini. Tapi sekarang sudah jarang denger music rock sih. J-music yang sering diputar malah Kalafina dan Depapepe.😛

  4. 4 mancik
    January 27, 2012 at 2:19 pm

    laruku akan konser di jakarta , senayan tgl 2 may cek out marygops website

  5. 5 Nezza Taufik Rachman
    October 18, 2012 at 11:35 am

    .Tenaaaaaaaaaaang……… Nezza Ng-Fans bgt sama L’Arc~en~Ciel


Leave a Reply

